Minggu, 23 Desember 2012

Membuat tabel dengan menggunakan Wisaya Tabel

Membuat tabel dengan menggunakan Wisaya Tabel

Microsoft Access memiliki wisaya yang disebut Wisaya Tabel yang dapat membuat sebuat tabel untuk Anda. Wisaya ini akan menuntun Anda tentang jenis tabel yang dapat Anda buat (misalnya, tabel Mailing List, tabel Students, tabel Tasks dan lain sebagainya) serta memberikan saran nama field yang berbeda-beda didalam tabel-tabel tersebut. Untuk menggunakan Wisaya Tabel untuk membuat tabel, ikuti langkah berikut:
  1. Buat database baru, kosong.
  2. Di dalam jendela Database, klik Tabel di bawah Objek, dan kemudian klik Baru.
  3. Di kotak dialog Tabel Baru , klik dua kali Wisaya Tabel.
  4. Ikuti petunjuk di halaman Wisaya Tabel.
Jika Anda ingin memodifikasi tabel yang dibuat dengan Wisaya Tabel, buka tabel itu dalam Design view setelah Anda telah selesai menggunakan Wisaya Tabel.

Membuat tabel dengan memasukkan Data ke dalam Datasheet

Dalam Microsoft Access, Anda juga dapat membuat tabel dengan hanya memasukkan data ke dalam kolom (field) dalam sebuah datasheet. Jika Anda memasukkan data secara konsisten di setiap kolom (misalnya, hanya nama dalam satu kolom), atau hanya angka di kolom lain, Microsoft Access secara otomatis akan menentukan tipe data untuk masing-masing kolom. Untuk membuat sebuah tabel dengan hanya memasukkan data dalam datasheet, ikuti langkah berikut:
  1. Buat database baru, kosong.
  2. Di dalam jendela Database, klik Tabel di bawah Objek, dan kemudian klik Baru.
  3. Di kotak dialog Tabel Baru , klik dua kali Datasheet View. Datasheet kosong ditampilkan dengan nama kolom default Field1, Field2, dan seterusnya.
  4. Ubah nama setiap kolom yang ingin Anda gunakan. Untuk melakukannya, klik dua kali kolom nama, ketik nama untuk kolom, dan kemudian tekan ENTER.

    Anda dapat menambahkan kolom-kolom lain setiap saat. Untuk melakukannya, klik pada sebelah kanan kolom tempat dimana Anda ingin menyisipkan kolom baru, dan kemudian pada menu Sisipkan , klik Kolom. Ubah nama kolom seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  5. Masukkan data Anda dalam datasheet. Masukkan setiap jenis data di kolom sendiri. Misalnya, jika Anda memasukkan nama, masukkan nama pertama dalam kolom sendiri dan nama terakhir dalam sebuah kolom yang terpisah. Jika Anda memasukkan tanggal, waktu, atau angka, masukkan dengan format konsisten. Jika Anda memasukkan data secara konsisten, maka Microsoft Access dapat menentukan tipe data dan format tampilan yang sesuai dengan sesuai data yang dimasukkan. Sebagai contoh, untuk sebuah kolom di mana Anda hanya memasukkan nama, maka Microsoft Access akan menetapkan tipe data teks; untuk kolom di mana Anda hanya memasukkan angka, Microsoft Access akan menetapkan tipe data Angka. Setiap kolom yang Anda kosongkan akan dihapus saat Anda menyimpan datasheet.
  6. Ketika Anda telah menambahkan data ke semua kolom yang ingin Anda gunakan, klik Simpan pada menu Berkas .
  7. Microsoft Access akan menanyakan jika Anda ingin membuat primary key. Jika Anda tidak memasukkan data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi setiap baris secara unik di tabel Anda, seperti nomor atau nomor ID, disarankan bahwa Anda mengklik Ya. Jika Anda memasukkan data yang dapat secara unik mengidentifikasi setiap baris, klik Tidak dan kemudian tentukan kolom yang berisi primary key didalam table Anda dalam Design view setelah tabel tersimpan. Untuk menentukan sebuah kolom sebagai primary key table setelah tabel disimpan, ikuti langkah berikut:
    1. Buka tabel yang dibuat Microsoft Access dari data yang Anda masukkan dalam datasheet dalam Design view.
    2. Pilih kolom atau beberapa kolom ingin Anda gunakan sebagai primary key.

      Untuk memilih salah satu kolom, klik baris pemilih untuk kolom yang diinginkan.

      Untuk memilih beberapa kolom, tahan tombol CTRL, dan kemudian klik pemilih baris untuk setiap kolom.
    3. Pada Edit menu, klik Primary Key.

      Jika Anda ingin urutan field didalam multi-field primary key berbeda dengan urutan field didalam tabel, klik indeks pada toolbar untuk menampilkan kotak dialog indeks kotak, dan kemudian susun ulang urutan nama field untuk indeks yang digunakan untuk PrimaryKey.
    Seperti disebutkan sebelumnya, Microsoft Access akan menetapkan tipe data untuk masing-masing kolom berdasarkan tipe data yang Anda masukkan. Jika Anda ingin mendefinisikan kolom lebih lanjut--misalnya, untuk mengubah tipe data yang ditentukan oleh Microsoft Access secara otomatis, atau untuk mendefinisikan aturan validasi--buka tabel dalam Design view.

Membuat tabel dalam Design View

Jika Anda ingin membuat struktur dasar tabel sendiri dan menentukan semua nama field dan jenis data, Anda dapat membuat tabel dalam Design view. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
  1. Buat database baru, kosong.
  2. Di dalam jendela Database, klik Tabel di bawah Objek, dan kemudian klik Baru.
  3. Di kotak dialog Tabel baru , klik-ganda Design View.
  4. Dalam kotak dialog < Nama Tabel >: Tabel , tentukan setiap kolom yang ingin Anda gunakan didalam tabel. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
    1. Klik di kolom Nama Field , dan kemudian ketik nama yang unik untuk field.
    2. Di kolom Tipe Data , gunakan tipe data default dari Teks yang diberikan oleh Microsoft Access atau klik kolom Tipe Data , klik panah dan kemudian pilih tipe data yang Anda inginkan.
    3. Di kolom Deskripsi , ketik informasi tambahan mengenai field tersebut. Deskripsi ini ditampilkan pada baris status ketika Anda hendak menambahkan data ke kolom, dan juga dimuat dalam Definisi Objek tabel. Deskripsi adalah informasi opsional.
    4. Setelah Anda telah menambahkan beberapa kolom, Anda mungkin perlu untuk menyisipkan kolom diantara dua kolom lainnya. Untuk melakukannya, klik pada baris di bawah tempat Anda ingin menambahkan field baru, dan kemudian pada menu Sisipkan , klik Baris. Prosedur ini akan membuat sebuah baris kosong di mana Anda dapat menambahkan sebuah field baru.

      Untuk menambahkan sebuah field ke akhir tabel, klik pada baris kosong pertama.
  5. Setelah Anda menambahkan semua field, definisikan sebuah primary key sebelum menyimpan tabel Anda. Primary key adalah satu atau lebih kolom yang nilai atau nilai-nilainya dapat mengidentifikasi setiap record didalam tabel secara unik. Untuk menentukan primary key, ikuti langkah berikut:
    1. Pilih kolom atau beberapa kolom ingin Anda gunakan sebagai primary key.

      Untuk memilih salah satu kolom, klik baris pemilih untuk kolom yang diinginkan.

      Untuk memilih beberapa kolom, tahan tombol CTRL, dan kemudian klik pemilih baris untuk setiap kolom.
    2. Pada Edit menu, klik Primary Key.
  6. Jika Anda ingin urutan field didalam multi-field primary key berbeda dengan urutan field didalam tabel, klik indeks pada toolbar untuk menampilkan kotak dialog indeks kotak, dan kemudian susun ulang urutan nama field untuk indeks yang digunakan untuk PrimaryKey.

    Anda tidak harus untuk mendefinisikan primary key, tetapi biasanya hal ini merupakan langkah yang baik. Jika Anda tidak menentukan primary key, Microsoft Access menanyakan apakah Anda ingin Microsoft Access untuk membuat primary key untuk Anda ketika Anda hendak menyimpan tabel.
  7. Ketika Anda siap untuk menyimpan tabel Anda, pada menu File , klik Simpan, dan kemudian ketik nama yang unik untuk tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar